Motif Batik

Anda tentu tahu bahwa batik merupakan satu dari sekian macam warisan budaya yang ada di Indonesia. Bukan berlebihan, nyatanya batik memang sudah mendunia. Selain karena dinilai cukup menarik dan berkarakter, batik juga selalu sedap dipandang. Motif batik juga sangat bervariasi dan tidak akan pernah membosankan.

17+ Motif Batik di Indonesia

1. Ceplok

Batik Ceplok

Ceplok menjadi salah satu motif kain batik khas daerah pedalaman Keraton Yogyakarta. Makna motif kain batik ini ialah simbol keseimbangan dan kesempurnaan. Untuk tampilannya, Ceplok terlihat begitu  geometris dan senantiasa terus populer hingga saat ini. Bentuknya cukup simple, sehingga amat fleksibel bahkan untuk dikolaborasikan dengan motif lain.

2. Cuwiri

Batik Cuwiri

Cuwiri memiliki makna kecil-kecil. Tidak mengherankan rasanya jika motif kain batik ini juga begitu kecil. Proses pembuatan kain batik ini memanfaatkan pewarna soga yang relatif alami, sehingga nampak begitu cantik. Secara umum contoh pemakaian motif kain batik ini ada pada saat proses mitoni atau peringatan hamil 7 bulan bagi seorang wanita.

3. Kawung

Batik Kawung

Ini adalah jenis motif kain batik tertua yang ada di Indonesia. Motif kain batik yang sudah ada sejak abad ke 9 di Yogyakarta ini menggambarkan buah kawung (aren). Berikutnya Kawung juga mempunyai bentuk salib di antara 4 sisi oval. Dahulunya motif ini hanya boleh dipakai oleh para raja dan permaisuri saja. Akan tetapi, saat ini motif kain batik ini sering dipakai sebagai model baju batik pria modern.

4. Keraton

Batik Keraton

Kabarnya batik ini menjadi awal mula adanya kain batik di Nusantara. Mulanya batik Keraton dipakai oleh putri kerajaan serta ahli batik. Dapat dikatakan bahwa jenis batik ini terbilang eksklusif dan berkelas. Akan tetapi, saat ini batik Keraton sudah umum dipakai oleh masyarakat luas. Bahkan sudah banyak desain kemeja batik Keraton yang cukup gaul dan fleksibel.

5. Lasem

Batik Lasem

Lasem merupakan jenis batik kain dari Rembang. Kain batik ini sangat dipengaruhi oleh kebudayaan luar, mengingat dulunya daerah Lasem menjadi tempat kali pertama penerimaan kedatangan Tionghoa. Tidak heran jika batik ini dominan dengan warna merah. Sampai tahun 2020, motif ini sering dipakai untuk pakaian-pakaian tertentu.

6. Loreng

Batik Loreng

Motif Loreng berbentuk baris diagonal layaknya motif Parang. Polanya berupa garis bentuk diagonal sempit yang memuat pola berukuran kecil. Motif kain batik lama ini dahulu hanya boleh dipakai oleh keluarga kerajaan saja.

Saat ini Anda bisa menemukan motif ini di berbagai kain yang dapat dipakai, seperti kemeja, masker, hingga sarung. Tentunya Anda akan semakin keren saat memakai kemeja dengan motif ini.

7. Malang

Di Malang motif kain batik umumnya berwarna cerah. Pada dasarnya warna asli batik ini adalah biru, kemudian ditimpa dengan warna putih netral. Berikutnya warna tersebut kembali ditimpa dengan merah. Adapun motifnya paling umum menggambarkan simbol atau ikon Malang. Cocok sekali digunakan sebagai bahan pembuat kemeja lengan panjang untuk laki-laki.

8. Mega Mendung

Batik Mega Mendung

Mega Mendung tentu sudah menjadi salah satu motif kain batik cukup terkenal di Indonesia. Motif khas batik yang berasal dari Cirebon ini mempunyai maksud penggambaran pola awan. Jadi, secara keseluruhan motif batik Jawa Barat ini dihiasi beraneka macam bentuk awan berwarna gelap, misalnya, hijau tua, merah tua, hingga biru tua.

9. Parang Rusak

Batik Parang Rusak

Tidak jauh berbeda dari namanya, motif kain batik ini berasal dari Pereng (lereng) yang ada pada masa Keraton Mataram Kartasura. Konon katanya motif kain batik ini digarap oleh Panembahan Senopati ketika berada di Pantai Selatan.

Motif kain batik ini melambangkan pertarungan manusia dengan kejahatan dan kemudian menghasilkan seorang manusia yang mulia. Tidak heran jika motif ini begitu diminati kaum pria.

10. Pekalongan

Batik Pekalongan

Jangan mengaku pecinta batik kalau tidak mengenal motif satu ini. Kebanyakan motif kain batik ini telah diberi pengaruh oleh kebudayaan dari luar. Hal ini mengingat bahwa kota yang dijuluki dengan nama World’s City of Batik ini merupakan kota perdagangan pada masanya, sehingga gampang dicapai dari banyak penjuru. Mayoritas motifnya ialah tumbuh-tumbuhan serta fauna.

11. Sedapur

Batik Sedapur

Motif kain batik asli Magetan ini terbilang cukup sederhana. Akan tetapi, tetap saja nampak begitu cantik. Motifnya terdiri dari dominasi burung serta tumbuhan bambu sebagai simbol adanya ketentraman hidup serta kerukunan yang terjadi. Kombinasi kain polos juga sangat pas diterapkan pada kain batik ini. Cobalah dan lihat tampilan Anda, pasti kian memukau.

12. Sekar Jagad

Batik Sekar Jagad

Yogyakarta memang surganya motif kain batik bagus. Seperti halnya Sekar Jagad. Motif kain batik ini mempunyai makna keindahan luar biasa. Pastinya siapapun yang melihat akan langsung jatuh hati. Hal ini karena pada dasarnya motif kain batik ini menggambarkan peta dunia yang membentuk kepulauan. Tidak mustahil jika saat ini motif Sekar Jagad banyak dipakai untuk model baju batik pria masa kini.

13. Semen

Batik Semen

Motif ini tentu seringkali dilihat pada acara umum. Banyak yang memakai motif Semen pada jenis pakaian, seperti kemeja slim fit hingga rok rempel batik. Kecantikan motif ini tidak perlu dipertanyakan lagi mengingat dulunya memang dipakai untuk orang-orang kerajaan saja. Motif Semen umumnya menggambarkan alam, seperti gunung, dedaunan, bunga, dan lainnya.

14. Sido Asih

Batik Sido Asih

Batik Sido Asih sebetulnya dikategorikan sebagai salah satu jenis batik dari keraton. Jenis batik ini mempunyai makna cukup bagus yakni dalam hal rumah tangga. Batik Sido Asih melambangkan rumah tangga yang dilingkupi kasih sayang berlimpah. Tidak heran jika motif ini kerap dijadikan sebagai kain pengantin pada gelaran acara akad serta resepsi pernikahan.

15. Sido Luhur

Batik Sido Luhur

Motif kain batik pedalaman ini berasal dari Surakarta. Coraknya begitu halus sekaligus rumit karena memerlukan kecermatan ketika proses pembuatannya. Umumnya kain batik ini dipakai oleh pengantin saat malam pertama. Diharapkan ketika seseorang memakai kain batik ini, maka ia akan mendapatkan kedudukan jauh lebih tinggi, sehingga bisa menjadi panutan masyarakat.

16. Sido Mukti

Batik Sido Mukti

Motif kain batik asli Solo ini juga dilukis dengan pewarna alami soga. Pewarna ini termasuk ke dalam kategori klasik bagi seni lukis batik. Makna kain batik ini tidak lain sebagai lambang kemuliaan dan kesejahteraan. Jadi, siapapun yang memakai kain batik ini diharapkan bisa selalu sejahtera hidupnya. Kain batik ini juga sering diterapkan pada kemeja lengan pendek.

17. Tambal

Batik Tambal

Motif kain batik dari Surakarta ini termasuk ke dalam kategori motif lama yang cukup halus, rumit dan butuh kesabaran tinggi dalam proses pembuatannya. Sama dengan namanya, motif khas batik Tambal bermakna sebagai perbaikan akan sesuatu yang sudah rusak. Konon di zaman dulu orang-orang percaya bahwa dengan memakai kain ini, maka orang sakit dapat segera sembuh.

Indonesia memang negeri yang kaya akan budaya mendunia seperti kain batik. Jika membahas tentang motif batik yang ada di Indonesia tentu tidak akan pernah ada habisnya. Motifnya yang berlimpah selalu menarik untuk dimiliki. Tidak hanya bagus dikenakan sebagai pakaian dalam acara formal saja, melainkan juga acara lain yang bersifat santai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright CostaBotes.com