Model Kebaya Jawa

Dalam setiap kesempatan khususnya acara resmi, banyak wanita mengenakan kebaya Jawa. Hal ini memang dikarenakan model kebaya Jawa selalu sedap dipandang. Di samping modelnya yang begitu cantik, kebaya Jawa juga mempunyai variasi berlimpah. Bahkan hingga saat ini, dapat dengan mudahnya ditemukan berbagai macam pilihan kebaya dengan sentuhan modern.

Serba Serbi Kebaya Jawa

Kebaya sejatinya menjadi pakaian tradisional bagi wanita Indonesia. Pakaian ini identik dengan wanita Jawa. Padahal tidak hanya untuk orang Jawa saja, kebaya juga banyak dipakai oleh wanita-wanita di daerah lain. Bahkan daerah lain juga mempunyai versi kebayanya sendiri. Busana ini paling sering dikenakan untuk sejumlah acara resmi. Akan tetapi, kebaya kini terus mengalami modernisasi.

Anda bisa menemukan begitu banyak variasi kebaya. Misalnya, berlengan pendek, berlengan panjang, berkerah, bermodel kemben dan sebagainya. Anda bisa menjumpai banyak pilihan kebaya di toko-toko pakaian, seperti pusat perbelanjaan, butik, pasar, swalayan hingga pertokoan tepi jalan. Modelnya begitu bervariasi dan tinggal di sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Mengapa Harus Memakai Kebaya?

Model Kebaya Jawa

Ada begitu banyak keuntungan ketika Anda mengenakan kebaya. Selain tampak semakin cantik, penggunaan kebaya juga bisa memberikan dampak positif seperti berikut:

1. Menampilkan Kesan Sopan

Kebaya sering dipakai dalam sejumlah kesempatan seperti kondangan, wisuda, hingga acara pernikahan. Jenis pakaian seperti ini tentu bisa menjadikan Anda kian sopan dan elegan. Terlebih mengingat dulunya kebaya merupakan busana wanita kerajaan.

2. Meningkatkan Kesan Feminin

Mengenakan kebaya juga bisa mengedepankan kesan feminin. Walaupun Anda mengaplikasikan make up seadanya, namun semuanya akan tertolong ketika memakai kebaya. Penampilan Anda tentunya bisa semakin feminin dan mempesona.

3. Ikut Melestarikan Budaya

Memakai kebaya nyatanya juga bisa membuat Anda turut serta dalam upaya melestarikan kebudayaan asli Indonesia. Wujud cinta Indonesia bisa ditunjukkan dengan cara sederhana ini. Jadi, tidak perlu sulit-sulit untuk menunjukkan kecintaan Anda kepada negeri ini.

Karakteristik Kebaya Jawa

Model Kebaya Jawa

Kebaya Jawa ternyata cukup berbeda dengan kebaya yang ada di daerah lain. Karakteristik kebaya asli Jawa di antaranya:

1. Tampilan

Umumnya kebaya asli Jawa mempunyai model tampilan cukup sederhana khas busana orang timur. Kebaya Jawa asli mempunyai model yang simple, namun tetap mampu memberikan sentuhan elegan. Wajar rasanya jika kebaya menjadi pakaian favorit wanita Indonesia.

2. Warna

Kebaya Jawa secara umum memakai warna-warna kalem. Berbeda sekali dengan kebaya yang ada di Bali yang mana sangat sering mengaplikasikan warna-warna cerah. Akan tetapi, model terbaru kebaya ini juga memiliki beberapa warna cerah.

3. Pemakaian selendang

Selendang adalah aksesoris pelengkap saat pemakaian kebaya tempo dulu. Tidak menutup kemungkinan pada masa ini juga banyak yang mengenakan selendang. Pada kebaya khas Jawa selendang hanya dikalungkan saja.

4. Model

Model kebaya asli Jawa biasanya akan mengerucut apabila kancing ditutup ke depan. Di samping itu, kebaya ini tidak menggunakan aksesoris tambahan lain, seperti pita layaknya kebaya Yogyakarta. Inilah yang membedakan antara kebaya Jawa dengan Yogyakarta.

Macam-Macam Kebaya Jawa

Model Kebaya Jawa

Variasi kebaya Jawa ternyata ada begitu banyak macamnya. Jika Anda ingin mengenakan pakaian ini, maka bisa memilih dari beberapa opsi berikut:

1. Kartini

Dahulunya Kebaya Kartini hanya boleh dipakai oleh wanita-wanita keturunan ningrat semasa R.A Kartini. Oleh karena itu, kebaya ini kerap dijuluki sebagai Kebaya Kartini. Model potongan kainnya begitu mirip dengan rekannya yakni Kebaya Encim.

Hanya saja pada kebaya ini mempunyai lipatan di bagian dada serta menutup sampai panggul. Lipatan kerah kebaya ini berbentuk garis vertikal, sehingga nampak ramping.

2. Kutu Baru Klasik

Pada zaman dahulu kebaya ini sering dipakai dalam menjalankan aktivitas harian. Umumnya, jenis busana kuno ini dibuat dengan memakai bahan sifon serta bermotif bunga. Kutubaru identik dengan adanya kain tambahan yang berada di bagian dada sampai perut. Sekarang pakaian ini sering digunakan untuk menghadiri acara pernikahan, acara kenegaraan, peringatan hari besar nasional, dan sebagainya.

3. Kutu Baru Modern

Modernisasi dari varian Kutubaru ini kini menjadi favorit para wanita Indonesia untuk menghadiri berbagai macam acara penting dan bersifat resmi. Biasanya saat mengenakan Kutubaru jenis ini, para wanita cenderung akan menambahkan aksesoris berupa selendang jumputan. Adanya tambahan fashion ini tentu membuat tampilan semakin berkelas.

4. Model Kebaya Jawa Klasik

Bagi penggemar pakaian kebaya khas Jawa yang benar-benar natural, maka bisa mencoba jenis kebaya ini. Jenis busana ini begitu simple dengan potongan leher berbentuk V dan memanjang sampai panggul. Motifnya cenderung simple, namun tetap begitu menarik dilihat. Umumnya, dibuat dari kain transparan yang dikombinasikan dengan pakaian khusus dalam pada sisi atas.

5. Pernikahan

Sesuai dengan nama, pakaian ini umum dipakai saat momen pernikahan khususnya dalam acara foto pre wedding. Kebaya ini mempunyai tampilan memanjang pada sisi belakang. Bahkan panjangnya bisa mencapai satu meter dari tinggi tubuh. Saat memakai kebaya ini tentu akan membuatmu kian anggun layaknya putri kerajaan. Tambahkan aksen rok berbelahan depan untuk mempercantik tampilan.

6. Lengan Ruffle

Varian kebaya ini mempunyai kombinasi tampilan yang amat mempesona. Perpaduan kebaya dengan batik disatukan dalam sebuah outfit luar biasa. Terlebih dengan adanya sentuhan modern berupa lengan ruffle. Kebaya seperti ini tentu tidak boleh Anda abaikan begitu saja. Padukan dengan rok rempel batik, sehingga kian mempercantik penampilan.

7. Muslim Minimalis

Desain kebaya ini memang dimaksudkan bagi wanita beragama Islam mengingat tampilannya yang tidak transparan layaknya kebaya Jawa secara umum. Meskipun demikian, saat mengenakan jenis kebaya ini Anda tetap perlu menambahkan manset berwarna krem serta coklat, sehingga tampilan tetap semakin sopan.

8. Bros Modern

Tidak jauh berbeda dengan namanya, varian kebaya khas Jawa ini menambahkan sentuhan bros di tengah atau sekitar area dada. Sentuhan aksesoris ini tentu kian mempermanis penampilan, Anda pun tidak perlu lagi memakai make up berlebihan. Bajunya yang cukup cantik tentu akan membuat Anda semakin mempesona. Jangan lupa cocokkan dengan rok batik yang dipakai.

9. Kontras

Kebaya ini mempunyai tampilan warna amat kontras. Biasanya warna yang dipakai termasuk ke dalam kategori lembut dan pastel, mulai dari pink, kuning muda, hijau muda dan sebagainya. Jenis pakaian ini juga mendapatkan sentuhan model dari barat, sehingga tidak heran rasanya jika pemakainya juga orang-orang luar negeri sana.

10. Model Kebaya Jawa Modern  

Pakaian cantik ini memberikan sentuhan motif renda hampir di seluruh tepi busana. Dengan demikian membuat Kebaya Jawa ini nampak begitu stylish. Belum lagi pada bagian bawahnya dibentuk hilo-dress yang kian memanjang sampai ke bagian belakang. Sebenarnya jenis pakaian ini sangat cocok untuk wanita kurus, sehingga membuat tampilannya semakin prima.

Model Kebaya Jawa nyatanya ada begitu banyak. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan keinginan. Sesuaikan juga dengan gelaran acara yang dihadiri saat mengenakannya. Bila perlu Anda bisa menambahkan beberapa aksesoris guna menunjang penampilan, misalnya, bros, selendang atau mengenakan rok dengan desain menarik. Jadikan penampilan Anda kian mempesona dengan kebaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright CostaBotes.com