Dekorasi Ruang Tamu Kecil

Ruang tamu adalah bagian penting dari suatu rumah karena letaknya berada di bagian depan. Fungsi dari ruang tamu ini untuk menerima tamu, serta menjadi akses paling pertama bagi siapapun yang masuk ke dalam rumah. Tapi bagaimana jika ukuran ruang tamu Kamu kecil? Untuk itu, Kamu harus tahu bagaimana membuat dekorasi ruang tamu kecil yang nyaman dan menarik.

Penataan ruang tamu yang cantik tapi juga nyaman menjadi idaman setiap orang. Buat Kamu yang punya ruang tamu berukuran kecil, sebaiknya Kamu memilih dekorasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta fungsi dari ruang tamu tersebut. Ukuran yang terbatas tidak menjadi halangan bagi penghuni rumah dalam menciptakan suasana ruang tamu yang nyaman.

Tips Menata Ruang Tamu Sempit

Dekorasi Ruang Tamu Kecil

Ada beberapa trik yang bisa Kamu lakukan untuk membuat dekorasi ruang tamu kecil di rumah agar berkesan luas, tetapi tetap nyaman digunakan. Berikut ini tips dan trik dekorasi ruang tamu tersebut :

  1. Memasang Cermin agar Memberi Kesan Luas

Cermin selalu menjadi benda andalan untuk membuat sebuah rumah terlihat lebih luas. Seperti pada kedai, café atau resto yang ukurannya kecil kemudian dipasang cermin supaya terlebih lebih luas. Pemakaian cermin ini cocok sekali diterapkan untuk ruang tamu yang ukurannya kecil atau tidak terlalu luas.

Kamu juga bisa memilih dinding yang posisinya berhadapan dengan jendela. Hal itu akan membuat cermin di jendela merefleksikan cahaya yang berasal dari luar jendela. Bisa juga dengan menambahkan lampu dan furnitur di ruang tamu sempit tersebut.

  1. Jangan Membeli Sofa yang Ukurannya Besar

Ruang tamu dengan beberapa jumlah sofa terkesan wajib atau harus selalu ada di ruang tamu, tetapi sofa yang ukurannya besar akan memakan tempat dan membuat ruang tamu menjadi lebih sempit. Nah, buat Kamu yang punya ukuran ruang tamu kecil sebaiknya tidak menaruh sofa yang ukurannya besar.

Kamu bisa memilih model sofa yang hanya memiliki tiga buah dudukan saja, agar memberi kesan minimalis tapi tetap terlihat apik. Padukan juga dengan jenis coffee table yang ukurannya kecil, dengan motif kayu atau berbahan kaca.

  1. Gunakan Warna Pastel dan Netral untuk Ruang Tamu Sempit

Warna cat yang Kamu pilih untuk ruang tamu juga akan memberi pengaruh tersendiri bagi ruangan tersebut. Bagi ruang tamu yang ukurannya sempit atau kecil sebaiknya menggunakan warna yang netral atau warna pastel, dan hindari warna-warna bold.

Misalnya pemilihan warna krem, putih atau abu-abu muda bisa menjadi pilihan warna yang tepat untuk mendapat kesan nyaman tapi juga lega.

  1. Menambahkan Tanaman Indoor di Ruang Tamu Sempit

Tanaman indoor yang ditaruh di suatu ruangan akan membuat ruangan ini terlihat lebih cantik. Sama halnya dengan tanaman indoor yang ditaruh di ruang tamu berukuran kecil. Kamu bisa memilih jenis tanaman hijau yang pertumbuhannya tidak tergantung pada sinar matahari, untuk membuat dekorasi ruang tamu kecil di rumah menjadi lebih asri.

Perhatikan juga ukuran dan jenis tanaman indoor apa yang cocok untuk ditaruh di ruang tamu rumah Kamu. Jangan sampai Kamu memilih tanaman indoor yang memakan tempat.

  1. Menggunakan Jendela Berukuran Besar untuk Memperoleh Cahaya Alami dari Luar

Supaya ruangan menjadi terlihat lapang, Kamu bisa menciptakan cahaya alami dari luar ruangan dengan menggunakan jendela yang ukurannya besar. Ukuran jendela yang besar ini juga akan memberi efek luas pada ruang tamu kecil di rumah.

Sesuaikan kembali desain jendela tersebut dengan desain barang lainnya di rumah, seperti rak TV, kursi, sofa dan sebagainya. Adanya jendela berukuran besar itu juga bisa menghemat listrik, karena Kamu tak perlu menyalakan lampu di siang hari karena sudah ada cahaya alami dari luar ruangan.

  1. Menggunakan Hiasan Dinding Ruang Tamu Misalnya Lukisan atau Karya Seni

Tambahkan juga beberapa hiasan dinding di ruang tamu untuk membuat dekorasi ruang tamu kecil menjadi lebih cantik. Apalagi kalau ukuran plafon ruang tamu Kamu juga cukup tinggi, sehingga dengan menempelkan hiasan seperti lukisan atau karya seni di dinding akan menambah kesan mewah di ruang tamu Kamu tapi porsinya pas dan tidak berlebihan.

Pilihan Desain dan Dekorasi Ruang Tamu Kecil yang Kekinian

Dekorasi Ruang Tamu Kecil

Walaupun ukuran ruang tamu di rumah Kamu kecil bukan berarti Kamu tak bisa mendekorasinya supaya lebih apik dan cantik. Kamu juga bisa menggunakan beberapa pilihan desain yang unik dan kekinian, khusus untuk ukuran ruang tamu yang kecil. Berikut ini beberapa pilihan desain dan dekorasi ruang tamu kecil yang kekinian yang bisa Kamu pilih :

  1. Ruang Tamu Kecil Bohemian

Bagi Kamu yang punya ruang tamu berukuran kecil dan ingin menggunakan dekorasi yang tidak biasa, maka Kamu bisa menggunakan desain ruang tamu bohemian. Dekorasi dan gaya bohemian atau yang biasa disebut dengan boho ini merupakan jenis desain yang menggunakan banyak warna, pola, motif dan juga corak yang cukup ramai.

Kombinasi dari pola, motif dan warna yang beragam ini tetap terlihat cocok, sesuai dan tidak saling menabrak. Dekorasi ruang tamu kecil dengan desain bohemian ini sangat khas dan menarik. Padukan motif dan warna yang tepat supaya suasana di dalam ruang tamu tidak terasa sesak.

  1. Desain Mid Century yang Modern

Gaya arsitektur sebuah ruangan misalnya pada ruang tamu, dengan interior dan grafis yang unik telah berkembang dari tahun ke tahun yaitu dari tahun 1933 hingga tahun 1965. Gaya arsitektur ini disebut dengan mid century modern. Desain ini merupakan desain yang menampilkan kesan heritage atau klasik di sebuah ruangan, termasuk ruang tamu kecil di rumah Kamu.

Buat Kamu yang senang dengan desain vintage tapi berkelas, bisa menggunakan desain mid century modern ini. Ciri dari desain ini adalah pemakaian beberapa pilihan warna yang natural sekaligus hangat. Aneka pilihan warna klasik yang biasa digunakan pada konsep desain ini adalah mustard, kuning, hijau dan sebagainya.

  1. Desain Ruang Tamu Kecil Scandinavian

Desain yang satu ini mengusung kesan fungsionalitas yang dipadukan dengan keindahannya tersendiri. Desain  scandinavian memberi kesan sederhana, terlihat lapang, dan juga bersih. Pemakaian warna-warna netral seperti putih, coklat muda, krem dan sebagainya biasa diaplikasikan pada dekorasi ruang tamu kecil desain scandinavian ini.

Kamu juga bisa memaksimalkan pencahayaan yang sifatnya alami, dengan menggunakan jenis furnitur yang sederhana saja dan ukurannya ramping atau tidak lebar. itulah sebabnya desain ini cocok sekali diterapkan pada ruang tamu yang ukurannya kecil, karena nantinya akan memberikan kesan lapang, luas, tapi juga nyaman.

  1. Desain Shabby Chic

Desain dengan konsep feminin dan mengedepankan motif bunga yang cukup ramai adalah desain shabby chic yang modern tapi tetap simpel. Dekorasi ruangan yang menggunakan desain ini cukup jadul dan diwarnai dengan beberapa pilihan warna yang cerah. Kamu bisa menggunakan furnitur atau desain wallpaper yang klasik.

Namun tetap mengutamakan motif bunga di sebagian tempat di dalamnya, seperti pada gorden, meja dan perabotan lainnya seperti meja ataupun sofa. Supaya desain lebih maksimal, tambahkan juga aksesoris aksesoris seperti hiasan di dinding dengan motif bunga.

  1. Desain Japandi

Penggabungan desain scandinavian dengan gaya desain Jepang disebut dengan desain japandi. Sama seperti desain scandinavian, desain ini juga lebih mengutamakan fungsional dan kesan sederhana. Desain yang satu ini merupakan tren terbaru pada pilihan gaya desain dekorasi ruangan salah satunya dekorasi ruang tamu kecil.

Desain ini juga akan memberikan kenyamanan yang maksimal. Kamu bisa menggunakan elemen kayu yang cukup menenangkan.

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana

Dekorasi Ruang Tamu Kecil

Ketika menata desain di suatu ruangan misalnya ruang tamu, banyak orang yang merasa kebingungan karena tidak tahu bagaimana cara menata ruangan dengan cara yang tepat. Dekorasi sederhana untuk ruang tamu yang berukuran kecil, juga bisa menjadi pilihan. Selama penataannya tepat dan Kamu menatanya dengan rapi, maka hasilnya pun akan tetap indah.

Berikut ini pilihan dekorasi ruang tamu yang minimalis dan sederhana untuk ruang tamu kecil :

  1. Menggunakan Warna Dinding dan Furnitur yang Serupa

Supaya ruang tamu Kamu tetap terlihat cantik maka Kamu bisa menggunakan pilihan warna dinding serta furnitur yang dibuat sama. Ruang tamu yang ukurannya kecil cocok dengan pilihan warna putih atau warna-warna terang lainnya, yang akan memberi kesan luas.

  1. Menata Meja Kopi Menjadi Lebih Cantik

Meja kopi atau meja yang disimpan di ruang tamu biasanya dibiarkan kosong begitu saja. Supaya tetap memberi kesan cantik tapi simpel, Kamu bisa menambahkan beberapa pajangan atau buku di atas meja tersebut.

  1. Menambahkan Lukisan Langsung di Dinding

Bukan menempelkan hiasan dinding yang berupa lukisan ya, tapi untuk membuat dekorasi ruang tamu kecil Kamu lebih cantik maka Kamu bisa menambahkan lukisan yang langsung dilukis di dinding. Lukisan itu akan memberi kesan bahwa penghuni rumah adalah penyuka seni berselera tinggi.

  1. Menggunakan Furnitur yang Multifungsi

Ada banyak jenis furnitur yang dibuat multifungsi atau beberapa manfaat sekaligus. Misalnya meja kopi yang memiliki fungsi lainnya yaitu sebagai laci. Bukan hanya untuk menghemat ruangan, tapi pemakaian furnitur itu juga akan membuat dekorasi ruang tamu Kamu menjadi lebih unik.

  1. Menggunakan Rak Gantung

Rak gantung yang disimpan di ruang tamu juga bisa difungsikan untuk menyimpan beberapa barang, misalnya buku atau pajangan/hiasan saja.

Tips Menata Ruang Tamu Mewah Berukuran Kecil

Walaupun ukuran ruang tamu di rumah Kamu tidak terlalu besar atau luas, Kamu tetap membuat ruang tamu itu terlihat mewah dan elegan. Berikut ini beberapa tips dalam menata ruang tamu kecil supaya tetap terlihat mewah :

  1. Bagian Cat Dinding

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa pemilihan warna juga akan memberi pengaruh pada ukuran ruangan. Warna tersebut memiliki karakternya sendiri dalam membuat suasana yang diinginkan. Maka, jika Kamu ingin menggunakan desain yang mewah maka Kamu bisa menggunakan warna-warna seperti lavender, krem keemasan, atau merah yang elegan.

  1. Bagian Furnitur

Tentu tidak terlalu sulit menentukan jenis dan desain furnitur yang memberi kesan mewah. Ada banyak sofa minimalis yang berkesan elegan yang bisa Kamu pilih untuk ruang tamu kecil. Misalnya jenis sofat two seater yang dilengkapi dengan meja kaca. Supaya tidak tampak sumpek, sesuaikan kembali ukuran sofa tersebut dengan ukuran ruang tamu.

  1. Bagian Lampu

Pilihan paling utama yang memberi kesan mewah pada lampu ruang tamu adalah lampu gantung mewah. Beragam jenis lampu kristal bisa Kamu pilih untuk mendekorasi ruang tamu yang ukurannya kecil tapi berkesan mewah. Sesuaikan juga ukuran lampu itu dengan ukuran ruang tamu, jangan sampai memberi kesan sempit.

  1. Bagian Aksesoris

Sebaiknya tambahkan juga aksesoris dengan desain yang mewah dan elegan seperti karpet. Namun jangan menggunakan karpet yang polos karena kesannya lebih ke sederhana saja. Sama dengan pemilihan gorden, gunakan juga jenis gorden senada dengan warna dinding ruang tamu. Pilih bahan beludru atau satin untuk gorden tersebut agar menimbulkan kesan mewah.

Desain Ruang Tamu Minimalis Elegan

Dekorasi Ruang Tamu Kecil

Kenyamanan di sebuah rumah terletak pada bagaimana dekorasi ruangan yang ada di dalamnya. Seperti misalnya dekorasi ruang tamu kecil dengan menggunakan konsep desain minimalis elegan. Berikut ini beberapa pilihan desain ruang tamu yang menampilkan konsep minimalis elegan :

  1. Gaya Desain Retro

Apabila Kamu ingin membuat suasana yang unik dan menarik di ruang tamu, maka Kamu bisa menggunakan gaya desain retro yang beda dari yang lain. Caranya mudah, Kamu hanya perlu menambahkan kursi dan meja berukuran kecil. Tambahkan juga hiasan dinding atau jenis tanaman indoor yang memberi kesan segar.

  1. Ruang Tamu Minimalis Bergaya Klasik

Ruang tamu yang tidak terlalu besar bisa didesain kembali dengan desain yang bergaya klasik. Kamu bisa menggunakan sofa yang ukurannya sedang atau tidak terlalu besar, ditambah denggan kursi rotan dan karpet dengan pilihan warna yang lebih terang. Kamu juga bisa menambahkan lampu baca yang cantik dan elegan.

  1. Desain yang Fungsional

Ruang tamu minimalis tentu ukurannya kecil dan tidak terlalu luas, maka sebaiknya hanya gunakan jenis-jenis furnitur yang sifatnya fungsional. Atur kembali posisi pada furnitur supaya ruangan yang terasa lebih padat dan berisi tapi tidak sumpek.

  1. Desain Minimalis Sederhana

Pemilik rumah bisa memanfaatkan keterbatasan ukuran ruang tamu dengan membuat konsep ruang tamu yang minimalis sederhana. Gunakan sofa bed dengan meja yang ukurannya kecil dan beri warna-warna terang.

  1. Desain Minimalis Elegan

Walaupun ukuran rumah tidak terlalu besar tetapi konsep elegan ini masih tetap bisa digunakan. Caranya yaitu dengan menggunakan jenis furnitur yang kualitasnya baik dan penataan warna cat yang juga elegan misalnya ambien light.

  1. Desain Minimalis dengan Konsep Tropis

Konsep pada dekorasi ruang tamu kecil tropis ini cukup banyak dipilih. Kamu juga bisa mengaplikasikannya pada model ruang tamu yang minimalis dan elegan. Misalnya dengan menggunakan furnitur yang bahannya dibuat dari kayu, kemudian tambahkan kaca yang langsung menghadap ke taman.

  1. Desain Minimalis Hitam Putih

Gunakan konsep hitam putih pada ruang tamu minimalis di rumah. Kamu bisa memilih warna hitam dan putih untuk wilayah ruang tamu yang kecil. Tujuannya adalah untuk memberi kesan lega pada ruang tamu. Pilih juga jenis furnitur atau pernak pernik yang warnanya hitam, agar ada penambahan kesan kontras di dalamnya.

Dalam memilih dekorasi ruang tamu kecil yang tepat sebaiknya Kamu sesuaikan lagi konsepnya dengan desain keseluruhan rumah, agar tampilannya lebih serasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright CostaBotes.com