6 Baju Tenun Wanita Terbaru Hingga Tips Memakainya agar Terlihat Modis

Indonesia terkenal dengan berbagai karya seni yang mendunia, salah satunya adalah tenun. Hampir setiap daerah memiliki tenun khasnya dengan motif ikoniknya masing-masing. Penggunaan tenun ini juga sangat luas, salah satunya adalah dijadikan baju tenun wanita yang bisa dipakai untuk berbagai acara.

Apa itu Tenun?

Sebelum mengenal lebih dalam tentang baju tenun yang digunakan oleh wanita, Anda harus tahu dulu apa itu tenun. Pasalnya, bentuknya sangat berbeda dengan brokat bahan kebaya, karena terlihat lebih eksotis dengan perpaduan warna yang indah.

Tenun merupakan karya seni kain yang dibuat dengan cara penggabungan benang panjang atau melintang. Untuk menghasilkan satu lembar kain tenun saja dibutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi kalau menggunakan banyak warna benang, bisa memakan waktu berbulan-bulan. Makanya harganya cukup mahal dan tidak semua orang bisa menghasilkan kain tenun berkualitas.

Dalam proses menenun kain setidaknya butuh delapan tahapan, hingga menghasilkan selembar kain yang indah. Dimulai dari hani, yaitu membuat helaian benang yang akan dipakai untuk menenun, hingga proses tenun menggunakan alat khusus yang biasa disebut gedongan, yang terbuat dari kayu dan dirakit sedemikian rupa.

Jenis Tenun

Beberapa jenis tenun ini hanya ditemukan dan di jualdi Indonesia dengan kualitas terbaik. Mau tahu apa saja jenisnya?

1. Tenun Ikat

Merupakan jenis tenun yang paling tua di dunia, karena sudah ada sejak zaman prasejarah. Cara membuatnya juga unik, yaitu dengan mengikat benang yang akan ditenun dengan cara vertikal dan horizontal. Bahan pembuatan tenun ikat biasanya dari benang sutra atau kapas.

2. Songket

Tenun jenis ini terkenal karena penggunaan benang emas sebagai ciri khasnya, tapi cara pembuatan masih sama dengan tenun ikat.

3. Ulos Batak

Sumatera Utara memiliki kain tenun khas disebut Ulos, yang terkenal dengan penggunaan warna-warna benang netral. Dan biasanya dipakai oleh suku Batak untuk berbagai acara, baik itu acara pemakaman hingga pernikahan.

4. Pandai Sikek Minang

Daerah Pandai Sikek di Sumatera Barat juga dikenal dengan sumber tenun Minangkabau. Spesifikasinya terletak pada benang emas dan perak yang digunakan, tapi masih sangat nyaman dipakai karena dipadu dengan benang yang terbuat dari bahan katun.

5. Doyo Kaltim

Beda dengan tenun dari daerah lain, Doyo yang berasal dari Kalimantan Timur ini menggunakan serat daun dari pohon yang hanya ada di daerah tersebut. Motifnya pun disesuaikan dengan filosofi yang ada di daerah tersebut, seperti mitos sejarah, corak hewan, dan tumbuhan khasnya.

Model Baju Tenun Terbaru

Saatnya Anda untuk mengetahui model baju tenun wanita terbaru yang banyak dipakai. Siapa tahu salah satunya bisa Anda contek, sebagai busana andalan di berbagai kesempatan.

1. Dress

Kain tenun bisa dijadikan model baju dress kekinian, triknya adalah dengan mengikuti pola dari kain tersebut menjadi tampilan yang berkelas. Contohnya dengan menerapkan kerah shanghai ala baju wanita Tionghoa, dengan bagian tangan diberi sentuhan gaya lonceng. Kalau mau beda, Anda bisa memadukannya dengan kain polos, sehingga detail tenunnya lebih menonjol.

2. Cape Dress

Buat Anda yang suka menggunakan busana dengan menampilkan bagian bahu maksimal, bisa mencontek desain model cape dress berbahan tenun ini. Bisa dengan sentuhan cape simple pada bahu atau full cape hingga bagian bawah dress. Sehingga akan menjadi busana berkesan mewah untuk dipakai di acara perayaan ulang tahun kantor, atau arisan keluarga.

3. Blouse

Jika Anda suka menggunakan blouse atau tunik sebagai pakaian harian, kantor, atau nongkrong maka cobalah untuk mencoba desain blouse unik dari kain tenun ini. Bisa dibuat sederhana atau asimetris mengikuti motif dari kain tersebut, hasilnya akan membuat penampilan berbeda dari biasa dan tentu siap menjadi trendsetter kemanapun Anda pergi.

4. Baju Muslim

Wanita muslim juga tak boleh ketinggalan memanfaatkan kain tenun menjadi pakaian yang nyaman dipakai, bisa berbentuk gamis tenun atau abaya yang sangat terkenal itu. Dijamin tidak pasaran dan cocok dipakai untuk kerja, acara pernikahan, atau pertemuan dengan orang tersayang.

Sama halnya dengan dress tenun, Anda bisa memadukannya dengan bahan lain untuk menampilkan karakter tenun yang lebih kuat. Selain itu, juga untuk memaksimalkan kenyamanan saat menggunakannya.

5. Long Dress

Mau tampil beda ke acara nikahan mantan? Cobalah bereksperimen dengan membuat baju dari tenun wanitayang satu ini, pola asimetrisnya yang menawan, memberikan kesan mewah, dan eksotis secara bersamaan. Anda dapat memadukannya dengan kerah halter-V atau lebih seksi dengan slash ruffle.

6. Kebaya Tenun

Kalau biasanya baju kebaya menggunakan bahan brokat, Anda bisa mencoba sensasi lain model kebaya tenun. Bukan saja atasan, Anda bisa membuatnya selaras dengan rok jenis span yang menggoda. Atau bisa juga dengan memadukan kebaya tenun tradisional dengan songket sebagai bawahannya.

7. Kemeja Kantor Tenun

Jangan pikir kain tenun tak bisa dijadikan busana formal, Anda bisa menjadikannya outer seperti blazer untuk pakaian kantor. Atau sulaplah kain tenun milik Anda menjadi kemeja kantor yang menawan dengan coraknya yang khas.

8. Resepsi Pernikahan

Ingin tampil beda di hari bahagia Anda? Jangan takut untuk menonjolkan nuansa kedaerahan dengan memilih kain tenun di hari resepsi. Anda bisa membuat busana tenun yang elegan dengan memilih motif tenun emas atau perak, kemudian padukan dengan bahan tulle untuk bagian bawa busana untuk menambah kesan mewah.

Tips Pakai Baju Tenun agar Terlihat Modis

Untuk menciptakan sebuah fashion  dengan tenun yang sempurna, Anda bisa melakukan padu-padankan menggunakan banyak elemen pendukung. Misalnya Anda menggunakan dress tenun, bisa menyempurnakan tampilan dengan menggunakan high heels warna netral atau sesuai dengan warna utama dress tersebut. Tambahkan sentuhan gelang dan kalung etnik untuk kesan lebih chic.

Atau ketika Anda menjadikan kain tenun sebagai kemeja kantor, bisa menambahkan bawahan rok atau celana katun dengan warna senada. Jangan lupa pakai Tote bag yang bisa dibuat dari sisa bahan tenun yang Anda miliki hasilnya akan terlihat mewah, eye catching, dan eksklusif. Apalagi kalau ditambah sepatu kets kesayangan, Anda semakin percaya diri saat mengenakannya.

Masih butuh tips lainnya? Ketika Anda menggunakan tenun sebagai baju tenun wanita modern jenis blouse, padukanlah dengan legging polos untuk memberikan kesan maksimal pada detail tenun. Kemudian tambahkan ikat pinggang tali yang akan menghasilkan kesan edgy saat berbusana. Kalau Anda suka kombinasi warna, bisa memadukan beberapa warna tenun pada satu koleksi busana.

Saatnya membuka wawasan tentang baju tenun wanita, mungkin selama ini menurut Anda tenun hanya bisa dipakai untuk acara formal. Tapi ternyata banyak hal bisa diwujudkan dengan kain khas Indonesia tersebut. Asalkan dipadu padankan dengan benar dan tentunya memilih warna dan jenis tenun yang tepat, sehingga saat dipakai benar-benar mampu memberikan kesan sempurna pada penampilan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright CostaBotes.com